Menjaga Kesehatan di Era Pandemi

Di era pandemi seperti saat ini, hal yang sangat menakutkan adalah saat anak sakit. Sebelum pandemi datang, saat anak sakit kita tinggal datang ke rumah sakit lalu berkonsultasi ke dokter. Tapi di era pandemi ini, kita jadi takut datang ke rumah sakit karena rumah sakit menjadi tempat dengan risiko penularan covid yang tinggi.

Maka hal yang sangat penting saat ini adalah menjaga kesehatan dan mencegah keluarga terkena penyakit. Berikut beberapa tips ala keluarga kami untuk mejaga kesehatan di era pandemi:

1. Makan makanan bergizi
Anak-anak harus dibiasakan untuk mengkonsumsi makanan sehat. Makanan sehat saat ini bukan lagi makanan 4 sehat 5 sempurna tapi makan makanan dengan gizi seimbang. Menu gizi seimbang adalah komposisi gizi dalam satu kali makan yang mencakup 35% karbohidrat seperti nasi, kentang, jagung, dan gandum, 35% sayuran, 15% buah dan 15% protein. 


Cara paling mudah agar anak mau makan makanan gizi seimbang adalah dengan cara dibiasakan dan dicontohkan oleh orang tuanya. Dalam piring orang tua harus ada sayur, jangan lupa sajikan juga buah. Tidak harus mahal, buah lokal yang murah meriah seperti pepaya, nanas, jambu juga tinggi serat dan tetap nikmat. Jangan lupa pula variasikan cara penyajian sayur agar anak tidak bosan. 



Saya mencoba menyajikan makanan bergizi ala Korea

Jangan lupa, makanan bergizi juga harus terjamin kebersihan bahan dan prosesnya, maka dari itu ayo kita masak sendiri makanan bergizi untuk keluarga.

2. Olahraga
Olahraga saat pendemi ini juga berbeda dengan saat sebelum pandemi. Kita harus menghindari dan meminimalisir olahraga indoor di tempat umum. Mungkin kita tidak bisa pergi ke gym, tapi kita bisa tetap berolahraga ringan dan menyenangkan bersama keluarga seperti jalan kaki 10.000 langkah setiap hari, lari, juga bersepeda.


Selain membuat tubuh sehat, dengan berolahraga outdoor terutama di pagi hari kita bisa mendapatkan asupan pro vitamin D dari sinar matahari. Vitamin D penting lho termasuk vitamin yang disarankan dikonsumi agar terhindar dari covid. Tapi ingat tetap jaga protokol kesehatan saat berolahraga ya.. Tetap jaga jarak, jauhi kerumunan, gunakan masker saat mendekati kerumunan, jangan lupa cuci tangan dan jaga kebersihan.

3. Melakukan hobi
Apa hobimu? Kalau saya suka memasak, membuat video masak, membuat mainan bersama anak-anak, mendengarkan musik, menjahit dan berkebun. Banyak ya? Iya biar tidak bosan dan biar tidak stress dengan satu hobi.

Menjaga kesehatan mental di saat seperti sekarang ini penting. Jiwa yang sehat mendatangkan tubuh yang juga sehat. Jiwa yang sakit akan membuat tubuh kita sakit. Jadi ayo temukan hobimu, kegiatan yang membuat kamu bahagia mengerjakannya.


4. Lengkapi diri dengan alat pelindung diri
Alat pelindung diri masa kini adalah masker, hand sanitizer, sabun dan air untuk cuci tangan, tissue antiseptik, disinfektan, dll

Mungkin memang ribet ya tapi inilah kebiasaan baru kita di era baru ini.

5. Instal aplikasi Halodoc
Untuk apa? Coba simak cerita kami ini

Beberapa waktu yang lalu putri kedua kami sakit. Badannya penuh bentol besar yang biasa disebut biduran atau kaligata. Lalu kami mencari-carilah di internet apa penyebab biduran ini. Alhamdulillah ada website halodoc yang memuat informasi lengkap soal biduran ini. Menurut Halodoc banyak penyebab biduran, bisa dari bulu hewan, makanan juga faktor cuaca. Kami sudah cek makanannya selama beberapa hari terakhir, tidak ada yang aneh. Makannya seperti biasa, tidak makan telur juga udang yang biasanya memicu alergi pada anak. Tidak main dengan kucing atau hewan berbulu lainnya. Nah sepertinya faktor pemicu alergi pada anak kami adalah cuaca, kebetulan beberapa hari terakhir turun hujan sepanjang hari.

Karena masa pandemi dan kami sangat khawatir jika harus membawa putri kami ke dokter, maka kami berkonsultasi dengan dokter via halodoc. Kami merasa cukup puas dengan konsultasi online via aplikasi halodoc. Kami diresepkan cetrizine sirup. Kami membeli cetrizinenya pun via aplikasi halodoc. Kenapa beli via aplikasi? Karena sudah jam 10 malam, jadi kami percayakan obat anak kami dibeli via aplikasi halodoc. Praktis dan kami tidak perlu keluar rumah malam-malam membawa anak yang sendang sakit di dalam mobil. Alhamdulillah setelah minum cetrizine biduran pada tubuh anak kami menghilang dan tidak datang lagi. Lega sekali rasanya..
banyak pilihan layanan di halodoc

Di era new normal ini sebisa mungkin kita menghindari pergi ke rumah sakit, tapi jika mendesak kita bisa memilih klinik terpercaya, yang menerapkan standar protokol kesehatan yang tinggi, yang bisa konsultasi online, yang bisa mengatur jadwal sehingga meminimalkan waktu kita berada di klinik.

Misalnya saat gigi bermasalah, kita bisa konsultasi masalah gigi kita ke dokter gigi via aplikasi halodoc, lalu jika harus ke klinik kita bisa pilih Happy Dental Clinic Ciputra Mall Jakarta misalnya lalu buat janji kunjungan. Nah jika sudah ada jadwal kunjungan, kita tidak perlu antre lagi, tinggal datang sesuai jam perjanjian jadi kita tidak perlu berlama-lama di klinik.


Jadi sudah tau kan pentingnya instal aplikasi halodoc?

Sehat selalu ya teman-teman...
Desni

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini