Repurpose : Mengubah Kemeja dan Rok Jadi Gamis Kekinian

Teh Sarah (Zahratul Jannah) adalah salah satu hijaber yang saya suka stylenya. Saya suka gaya Teh Sarah karena dengan wajah cantiknya, ia lebih memilih bergaya simple dan natural, gak berlebihan sehingga terlihat ayu dan mengesankan. Gara-gara ikutin instagramnya Teh Sarah di @zahratuljannah, saya yang gak pernah ngikutin trend fasion jadi pengen niruin stylenya hihihi... Terutama untuk style khasnya gamis atau rok sedikit di atas mata kaki dikombinasikan dengan celana panjang.

Teh Sarah, cantik ya?

Gara-gara liat foto Teh Sarah di atas, saya yang punya prinsip kalo bisa dibenerin kenapa dibuang jadi inget sama isi lemari saya. Ada kemeja suami yang telah beliau hibahkan ke istrinya ini dan sebuah rok yang suami gak suka kalau saya pakai. Segera setelah menemukan dua pakaian ini, tanpa habis pikir saya rombak menjadi sebuah gamis 3/4 yang kekinian bwahahah..


Korban perombakan.
Rok dengan panjang 85 cm
Bahan denim warna abu-abu
Megar alias lebar di bagian bawahnya

Korban selanjutnya kemeja pria kotak-kotak abu hitam
lingkar dada 100 cm


- Pertama kita akan berkutat dengan roknya. Dengan menggunakan pendedel, lepaskan bagian belt pinggang roknya.

- Sekarang bagian kemeja. Ukur dari bahu ke bawah sepanjang 40 cm. Lebih kan 2 cm untuk kampuh atau sisa jahitan. Tandai dengan pensil kain. Ini adalah ukuran normal batas bagian atas gamis. Lalu potong mendatar.

Karena tinggi badan saya 161 cm dan rencananya gamis ini akan dibuat panjannya 3/4 maka panjang gamis ini harusnya 120 cm. Dengan demikian, jika bagian atasan gamis yaitu kemeja ini panjangnya 40 cm, maka rok saya yang panjangnya 85 cm dan sudah dihilangkan bagian pinggangnya sepanjang 5 cm, roknya tidak perlu dipotong-potong lagi. Tinggal disatukan.

- Rok didedel dan baju dipotong saatnya penyatuan. Satukan bagian bawah kemeja yang sudah di potong dengan bagian atas atau pinggang rok yang sudah didedel. Cara menyatukannya dimulai dengan bagian samping seperti gambar di bawah. Bagian luar baju berhadapan dengan bagian luar rok. Lalu sematkan jarum pentul agar tidak terlepas.

- Satukan semua bagian bawah baju dan atas rok sampai selesai, jangan lupa sematkan jarum pentul

Karena bagian pinggang ini lebih lebar dari kemeja, maka saya harus membuat beberapa lipit atau kerutan saat menggabungkan rok dan kemeja ini seperti gambar di atas.

- Jahit dengan mesin jahit hingga baju dan rok menyatu sempurna jangan lupa diobras agar benang baju dan rok tidak awur-awuran (?)

- Karena saya merasa terganggu dengan kerah kemejanya, maka saya putuskan untuk merombak pula bagian kerah kemejanya. Dengan menggunakan pendedel saya membuka jahitan yang menghubungkan kerah atas dan kerah bawah.

- Setelah kerah atas dibuang, tutup lagi jahitan hingga penampilan leher baju menjadi seperti ini

- Selesai, jadi deh gamis baru yang kekiniannya

Panjang bajunya 125 cm

Mudah bukan? Gimana menurut teman-teman sekalian?

You Might Also Like

50 comments

  1. yaampun mbaa kreatif banget ini! makasi yaaa sharingnya

    ReplyDelete
  2. cakep mbak! ^^ canthiikkk, sayang banget saya gak ngasah keterampilan menjahit, jadi cuma bisa manyun aja :P saya suka tuh ada lipatan macam itu, ntar Ramadhan pengenn buat ah, amiin-aminn.

    www.bulirjeruk.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mba, lumayan lebaran punya baju baru bikinan sendiri

      Delete
  3. Aihhh~ seger nih idenyaaa... Boleh juga ya make over baju lama jadi baru lagu, yey...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba baju jadul bisa jadi lebih trendi lagi

      Delete
  4. Kreatif, Mba. Aku juga sering mengubah kerah baju, terutama kemeja suamiku, kan sering sobek atau kuning2 yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya banget, kerah baju suami yang sobek padahal masih bagus bajunya suka aku balik hihihi

      Delete
  5. Kreatif, Mba. Aku juga sering mengubah kerah baju, terutama kemeja suamiku, kan sering sobek atau kuning2 yah.

    ReplyDelete
  6. Jadi pengen latian jahit ih biar bisa modif baju2 yg udah mulai kuno. Kreatif bgt mba des

    ReplyDelete
  7. Saya bisa menjahit tapi masih males berkreasi hikz

    Keren idenya Mbak :)

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. kreatifnya diasah dengan pengiritan mba hihihi

      Delete
  9. Suka idenya maak, kreatif.. Ubek2 lemari ah hihihi

    ReplyDelete
  10. kreatif idenya Mba, lihat hasil jahitan ini jadi pengen belajar jahit.. :)

    ReplyDelete
  11. Mantaaaap... Kapan2 nyobain, ah... Nakasih ide kreatifnya, Mbak ^_^

    ReplyDelete
  12. Aiih keren pisaaan! Wah bisa banget nii dicobain. *brb cari2 baju. Hahhaha

    ReplyDelete
  13. Waaah keren banget mbak Desni �� kreatif dehhh... Oiya lengan baju dibiarkan aja atau ikut dipermak ya? Problem pundak kecil, baju selalu kedodoran di pundak :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. lengannya dibiarin aja mbak soalnya ukuran badan suami waktu belum nikah sama kayak ukuran badanku hehe..

      Delete
  14. Keren mbak, kreatif...bisa ditiru...

    ReplyDelete
  15. Badannya mungil, jadi kliatan cantik banget. Kalau badan segede aku kyk penguin ntar heheee

    ReplyDelete
  16. bagian idenya oke dan inspiratif tapi bgitu liat njait2nya saya mundur teratur hahaaa...

    ReplyDelete
  17. kereeen, Aku juga suka pake gamis 3/4 alias tunik disebutnya, Mbak.
    Ahaaa...
    Banyak yang bisa dipermak nih hiiii...
    Makasih ya, Mbak^^

    ReplyDelete
  18. wow kereeeennnn..... bisa buat inspirasi nih

    ReplyDelete
  19. Wah keren ,,, kembangakan mak ����

    ReplyDelete
  20. Keren nih, mba. Tapi jahitnya harus rapi banget ya, mba. Maklum, aku nggak bisa jahit. Hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak harus rapi banget mba kalo baru belajar, pelan-pelan aja, semakin banyak latihan semakin rapih :D

      Delete
  21. Waaah, keren banget mbak. Kreatif deh. Jadi pengen bikin juga. Lumayan, soalnya di rumah stok rok banyak banget :D

    ReplyDelete
  22. Kreatif mbak... sayang aku belum punya mesin jahitnya T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. jahit pakai tangan juga bisa mba, didouble jahitnya, insyaallah kuat juga
      semangat ya

      Delete
  23. Wow keren banget mba, kreatif dan kekinian abis, boleh ah ntar coba juga hihihihi

    ReplyDelete
  24. Alhmdulillah... barusan dpt ide mau permak baju2 ku biar bisa jd gamis.. ehh googling nemu postingan mba Desniutami..mkasih bgt mba dah kasih pncrahan. JAZAKALLAH KHAIRAN.. ☺🖒

    ReplyDelete
  25. Alhmdulillah... barusan dpt ide mau permak baju2 ku biar bisa jd gamis.. ehh googling nemu postingan mba Desniutami..mkasih bgt mba dah kasih pncrahan. JAZAKALLAH KHAIRAN.. ☺🖒

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini