Banana Cake a la Keluarga Wilopo

Seminggu yang lalu saat kami ke rumah ibu, ada setandan pisang yang sungguh saya gak tau jenisnya. Setandan pisang itu masih mentah, hijau. Ada beberapa yang sudah menguning tapi lebih banyak warna hijaunya. Jumat kemarin sang pisang sudah matang sempurna, bahkan ada beberapa yang sudah kehitaman. Karena bingung mau diapakan, bibi saya memasukkan beberapa pisang yang sudah menghitam ke dalam plastik lalu disimpan di kulkas. Entah apa maksudnya, mungkin bisa mencegah kerusakan.



Sebagai anti-mubazir-mom, saya berpikir keras pisang ini harus diapakan, harus habis pokoknya. Lalu terpikir untuk bikin bolu pisang alias banana cake. Kemarin banana cake a la Chef Farah Quinn sempat populer kan ya? Setelah cari-cari resep akhirnya saya eksekusi resep milik Bunda Nina ini.


Jika Bunda Nina memanggang banana cakenya dengan oven, saya mencoba memanggang cake dengan menggunakan baking pan. Bibi saya menyebutnya baking pan BIMA. Katanya BIMA itu mereknya. Hasilnya oke lho, saya gak nyangka. Matengnya merata, bagus, dan teksturnya jadi mirip hasil panggangan oven. Harga baking pan begini sekitar Rp.250.000 di tokopedia. Ih jadi pengen punya juga. Iye, ibu-ibu emang gitu, apa-apa pingin.

Baking Pan BIMA nyomot gambar dari sini
saya gak jual lho yaaa... minjem gambar doang hihihi
Bahan :
  • 110 gram margarin, cairkan. Saya pakai blue band cake and cookies
  • 200 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 250 gram terigu protein sedang (segitiga biru), ayak.
  • 1/2 sdm soda kue
  • 300 gram pisang (tanpa kulit) haluskan dengan sendok/garpu. Saya pakai empat buah pisang ukuran sedang, pisang ini ukurannya lebih kecil dari pisang ambon.
  • 1 cup yakult 65 gram. Ini coba-coba doang, resep asli pake buttermilk/yoghurt
Cara membuat :
  •  Kocok telur dan gula dengan mixer hingga warnanya putih pucat dan kental. Kalau kata mba Endang JTT, namanya ribbon stage. Tandanya jika mixer diangkat, adonan yang jatuh masih meninggalkan jejak selama beberapa detik. 
  • Masukkan tepung dan soda kue ke dalam adonan telur. Aduk rata.
  • Masukkan pisang, margarin cair dan yakult. Aduk rata
  • Siapkan baking pan. Olesi permukaan dalam baking pan dengan margarin hingga rata lalu taburi terigu, ratakan
  • Tuang adonan ke dalam baking pan. panggang dengan api kecil.
  • Sekitar 60 menit, matikan kompor, angkat.
  • Banana cake siap di sajikan

Teksturnya lembut banget dan alhamdulillah Syira doyan. Dia sampe ngabisin 5 slice sekali duduk. 


Kalo ada yang mau tau foto ini semua diambil dengan kamera handphone. Lenovo K900. Dengan pencahayaan alami dari sinar matahari pagi. Foto diambil di depan pintu, dengan alas foto berupa bagian belakang white board anak-anak hihihi...


Lumayan kan fotonya? *nyengir*

You Might Also Like

0 comments

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini