Tutorial Bunga Tulip dari Kain Perca

Lagi-lagi kita berkreasi dengan kain perca alias kain sisa.
Biasanya kain perca saya berakhir dengan nasib menjadi bros bunga yang sudah pernah saya buat tutorialnya disini dan disini. Sampai akhirnya beberapa hari yang lalu seorang teman mengunggah foto bunga tulip dari kain perca karyanya. Cantik, simple dan kelihatannya mudah.


Nyobain juga bikin bunga tulip dari kain perca, jadi deh..



Alhamdulillah saya punya akun pinterest dan saya instal aplikasinya di hp, jadi kalo butuh inspirasi, saya tinggal buka aplikasinya lalu cari kata kunci berbahasa Inggris. Seperti nyari tutorial bunga tulip ini, saya  tinggal mencari dengan bantuan kata kunci "tulip fabric flower" lalu jengjeng langsung keluar tutorial-tutorialnya...


Salah satunya tutorial dari blog indulgy.com ini

Gambar-gambar di bawah ini bukan tutorial yang saya buat sendiri, gambar ini diambil dari blog indulgy.com di atas
 1. ambil kain berbentuk persegi panjang seperti di gambar
2. balik kain, lalu lipat seperti pada gambar. Jahit jelujur
3. tarik jahitan jelujur hingga membentuk kerutan seperti gambar di atas
4. lipat dua bunga seperti di gambar, lalu jahit jelujur lagi


 5. Setelah itu kunci jahitan lalu potong sisa benang
6.1 balik kain sehingga sisi kain yang bagus (bagian luar) berada di luar, lalu lipat bagian atas seperti di gambar (tampak atas)
6.2 tampak samping
7. isi kain dengan dakron. kalau saya mengisinya dengan kain sisa juga. 
hasilnya lebih bagus yang menggunakan dakron, lebih membentu, kalau dengan kain sisa hasilnya lebih kaku hehe


8. jahit bagian tengah bunga seperti pada gambar
9. jahit bagian satunya lagi seperti di atas
10. ambil kawat (bisa juga kayu) lalu bungkus dengan kertas krep hijau agar menyerupai tangkai bunga
11. masukan ujung kawat ke bagian bawah bung tulip.rangkai bunga dan selesai.

 Mudah bukan? Selamat mencoba :)

You Might Also Like

8 comments

  1. ukuran (panjang & lebar) kain utk bunganya berapa ya mba?

    ReplyDelete
  2. Nemu vas kosong di gudang, dan saya gugling tutorial bunga perca. Ketemulah ini. Makasih mba desni

    ReplyDelete
  3. Aaakk jadi pengen bikin ini juga, bersyukur terdampar di blog ini. Tabik :)

    ReplyDelete
  4. terima kasih sy ingin mencubanya sis 😍

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini