Mainan Buat Sachie (6) : Playdough

Saya yakin kita semua pasti tidak asing dengan lilin-lilinan alias plastisin (playdough).

Lilin-lilinan (sumber gambar klik disini)
Walau banyak manfaatnya, seperti melatih tangan anak untuk meremas, menggenggam, menekan, mencubit lilin, mengembangkan daya imajinasi, melatih bahasa anak dan masih banyak lainnya, lilin-lilinan ini biasanya terbuat dari bahan yang berbahaya. Saya masih ingat betul waktu kecil kalau main lilin-lilinan ini tangan jadi bau minyak tanah. Belum lagi pewarnanya yang bisa jadi mengandung racun.

Sejak jadi ibu yang seneng banget main sama anaknya, saya sibuk cari-cari resep bikin playdough ini. Akhirnya saya pun dapet banyak tutorial tentang cara membuat playdough yang aman buat anak. Alhamdulillah nyoba satu resep bikin playdough dan langsung berhasil. Playdough dari resep ini gak lengket, gak berminyak, gak lembek dan gak keras. Paaaaaas deh.

Berikut resepnya
Bahan:

Adonan 1 :
- 1 cup terigu
- 1/4 cup garam

Adonan 2 :
- 1/4 cup air
- 1 sendok makan minyak sayur
- pewarna makanan secukupnya

Cara membuat:
- Campur rata masing-masing adonan
- Setelah rata baru campurkan adonan 1 dan 2
- Uleni sampai kalis
hasil jadi
Saya bikin playdough ini sambil ditemani Sachie. Saya bikin dalam dua hari. Awalnya cuma merah, kuning dan hijau eh besoknya nemu pewarna coklat hehe.. Hari pertama Sachie cuma mengamati, sesekali dia berlari memutari badan saya dan memeluk leher saya. Hari kedua sepertinya dia mulai merasa aman dengan mainan bundanya. Alhasil dia malah mainin tepung sisa adonan sampe belepotan semua.



Kalau diajak main playdough ini, dia mainnya cuma sebentar. Biasanya kalau bosan dia langsung lari. Tapi kalau lagi asik main, dia selalu main sambil nyanyi atau ngoceh yang saya sama sekali tidak mengerti liriknya hahaha.. Ya selamat bersenang-senang Sachie. Insya Allah ayah dan bunda akan penuhi memori masa kecilmu dengan kenangan yang menyenangkan.

akhirnya bunda yang heboh main sendiri :p

Love


You Might Also Like

4 comments

  1. saya juga suka bikin play dough sendiri. Lebih irit :D

    ReplyDelete
  2. Kepingin bikin gak sempat-sempat..haduuuh klo Faiz beli itu 2000 perak, muahaaal jugaah yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba mahal hehe.. bikinnya bentar kok, aman pula buat anak. semangat ya mba.. *kompor* hehe

      Delete

Terima kasih sudah membaca, silakan tinggalkan komentar di tulisan ini